A. PERANGKAT KERAS
(HARDWARE)
Adalah komponen fisik komputer yang terdiri dari rangkaian
elektronika dan peralatan mekanis lainnya.
Pada abtraksi tingkat atas terdiri dari empat komponen, yaitu :
1. Pemroses (Processor)
2. Memori Utama (Main Memory)
3. Perangkat masukan dan keluaran (device I/O)
4. Interkoneksi antar komponen (user interface, device
controler)
Gambar 2.1: SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER |
Gambar 2.2: SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER
|
Sumber daya perangkat keras terdiri atas :
1. Pemroses (Processor)
Komponen komputer yang bertugas untuk mengolah data dan
melaksanakan berbagai perintah.
Pemroses terdiri dari :
a. Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi, berupa
operasi-operasi aritmatika dan logika.
b. Bagian CU (Control Unit) untuk pengendalian operasi yang
dilaksanakan sistem komputer.
c. Register-register, untuk membantu pelaksanaan operasi dan
sebagai tempat operand-operand dari operasi yang dilakukan.
Register -Register
Register-register dapat dikategorikan menjadi dua,
yaitu:
1) Register yang terlihat pemakai
Pemrogram dapat memeriksa ini register-register tipe ini.
Register Data (untuk menampung nilai)
Register Alamat (untuk keperluan pengalamatan)
contoh : Indeks Register, Segment pointer register, stack
pointer register.
2) Register untuk Kendali dan Status
Register ini mengendalikan operasi pemroses terdiri dari :
a) Register untuk
alamat dan buffer (MAR,MBR,I/O AR, I/O BR).
b) Register untuk
eksekusi instruksi (PC, IR)
c) Register untuk
informasi status (PSW) berisi Sign, Zero, Carry, Equal, Overflow, Interupt
enable/disable , Supervisor
2. Memori
Memori berfungsi tempat menyimpanan data dan program.
Terdapat beberapa tipe memori :
Register
Memori case (Chace Memory)
Memori kerja (Main Memory)
Disk Magnetik (Magnetic Disk)
Disk Optik (Optical Disk)
Tape Magnetik (Magnetic Tape)
Menurut urutan dari atas ke bawah dapat diukur hirarki dalam
hal :
a. Kecepatan Akses
b. Hubungan Kapasitas
c. Hubungan Frekwensi Pengaksesan
d. Hubungan Harga
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi adanya lalulintas
data dengan memory utama, maka diimplementasikan adanya konsep Chace memory ,
menanggulangi kelambatan proses.
Juga pada memori Utama dengan Peralatan masukan/keluaran
saling berhubungan, maka diimplementasikan adanya konsep penampung sementara
yang akan dikirim keperangkat masukan/keluaran berupa Buffering.
3. Perangkat Masukan/Keluaran
Perangkat masukan/keluaran terdiri dua bagian, yaitu :
a. Komponen mekanik, yaitu perangkat itu sendiri
b. Komponen elektronik, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
Pengendalian perangkat (Device Adapter)
Terdapat dua macam pengedali alat :
Pengerak alat (Device Controller)
Pekerja alat (Device Driver)
Struktur I/O
a. I/O Interrupt I/O
Device kecepatan rendah
b. Struktur DMA I/O
Device kecepatan Tinggi
DMA dibagi menjadi : Third Party DMA dan First Party DMA
4. Interkoneksi antar Komponen
Interkoneksi antar komponen disebut galur/jalur (bus) yang
terdapat pada mainboard, bus terdiri dari tiga macam :
a. Bus alamat
(address bus), satu arah. 16,20,24 jalur
b. Bus data (data
bus), dua arah. 8,16,32 jalur
c. Bus kendali
(control bus), dua arah. 4-10 jalur
Signal bus kendali antara lain: memori read, memori write,
I/O read, I/O write.
Mekanisme pembacaan :
Untuk membaca data suatu alokasi memori, CPU mengirim alamat
memori yang dikehendaki melalui bus alamat kemudian mengirim sinyal memory read
pada bus kendali. Sinyal memory read memerintahkan ke perangkat memori untuk
mengeluarkan data pada lokasi tersebut ke bus data agar dibaca CPU.
Interkoneksi antar komponen membentuk jenis koneksitas yang
populer antara lain: ISA, VESA, PCI,AGP.
Tingkatan Konsep Komputer
Terdiri dari :
a. Diagram blok (tertinggi)
b. Arsitektur
c. Transfer register
d. Rangkaian saklar
e. Elektronika (terendah)
Penjelasan dari tingkatan paling rendah:
a. Tingkat Konsep Elektronika
Bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkaian komponen elektronika
ditambah dengan komponen mekanika, magnetika dan optika.
b. Tingkat Konsep Rangkaian Saklar
Sudah dapat terlihat rangkaian elektronika yang
sesungguhnya, yang membentuk banyak saklar yang tersusun secara paralel dan
membentuk sekelompok saklar. (terhubung dan terputus).
c. Tingkat Konsep Transfer Register
Berbagai kelompok sakelar di dalam komputer membentuk
sejumlah register (Logika, aritmatika, akumulator, indeks, adress register dll)
d. Tingkat Konsep Arsitektur
Sejumlah register tersusun dalam suatu arsitektur tertentu.
Prosesor, memory dan satuan komponen lain nya terhubung melalui galur (bus)
penghubung.
e. Tingkat Konsep Diagram Blok
Arsitektur komputer atau sistem komputer dapat
dipetak-petakan ke dalam sejumlah blok (masukan , blok satuan, prosesor pusat,
memori dll)
Kerja Komputer
Kerja komputer pada tingkat konsep, antara lain :
a. Tingkat konsep diagram blok, berlangsung sebagai lalu
lintas informasi di dalam dan diantara blok pada sistem komputer.
b. Tingkat transfer
register, kerja komputer berlangsung melalui pemindahan rincian informasi di
antara register.
c. Tingkat konsep saklar,
kerja komputer berlangsung dalam bentuk terputus dan terhubungnya
berbagai saklar eletronika di dalam sistem komputer.
Kerja komputer pada fungsi komputer, terdiri atas :
kegiatan masukan, catatan, pengolahan dan keluaran
kegiatan masukan, catatan, pengolahan dan keluaran
Kerja komputer pada rekaman Sekelompok satuan data direkam
ke dalam alat perekaman dalam bentuk berkas data.
Tataolah direkam ke dalam alat perekam dan membentuk berkas
tataolah
B. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Merupakan komponen non fisik berupa kumpulan program beserta
struktur datanya.
Program adalah sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian
rupa untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tertentu sesuai dengan
kebutuhan.
Gambar 2.3: Susunan Hirarki Perangkat Lunak |
C. SIKLUS INSTRUKSI
Untuk memproses instruksi dilakukan melalui 2 tahap :
1. Mengambil instruksi (instruction fetch)
2. Mengeksekusi instruksi (instruction execution)
Interrupt suatu signal dari peralatan luar atau permintaan
dari program. Penyebab Interrupt, yaitu:
Program (Division By Zero), I/O, Timer (Quantum pada Round
Robin), dan Kegagalan hardware
Trap Software Generated Interrupt yang disebabkan oleh
kesalahan atau karena permintaan user
Gambar 2.2: Siklus Instruksi |
Good job gan
BalasHapussolder uap
PROSES KERJA NYA GIMANA?
BalasHapus