1.1. Pengertian Delphi
Delphi adalah
suatu bahasa pemograman
(development language) yang
digunakan untuk merancang suatu
aplikasi program.
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan
pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan oleh
Borland. Dengan menggunakan
Free Pascal
yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula
digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan
Windows CE.
a. Kegunaan
Delphi
1) untuk
membuat aplikasi windows
2) Untuk
merancang aplikasi program berbasis grafis
3) Untuk
membuat program berbasis jaringan (client/server)
4) Untuk
merancang program .Net (berbasis internet)
b. Keunggulan
Delphi
1) IDE (Integrated Development
Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah
satu dari beberapa
keunggulan delphi, didalamnya
terdapat menu - menu yang memudahkan kita untuk membuat
suatu proyek program.
2) Proses
Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka
secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
3) Mudah
digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak
diperlukan suatu penyesuain lagi.
4) Bersifat
multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan
berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
c. Sejarah
Borland Delphi
1. Delphi
versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
2. Delphi
versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
3. Delphi
versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
4. Perkembangan
selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
5. Delphi
versi 7 terdapat vitur .net dengan tambahan file XML
6. Versi
yang terkini adalah Delphi 8.0 yang memiliki terdapat komponen BPD (Borland Data
Providers)
1.2. OOP (Object Oriented Programming)
OOP adalah
metode pemograman dengan membentu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang
sesungguhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendisain object untuk
menyelesaikan masalah.
1. Tiga
unsur OOP
a. Encapsulation
atau pemodelan
Encapsulation adalah konsep penggabungan data dengan operator. Dalam konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan yang disebut object.
Encapsulation juga disebut dengan penyembunyian informasi (information hiding)
Encapsulation adalah konsep penggabungan data dengan operator. Dalam konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan yang disebut object.
Encapsulation juga disebut dengan penyembunyian informasi (information hiding)
Contoh = ketika kita
menyalakan sebuah TV kita tidak tahu apa yang terjadi dengan proses dan
percakapan antar alat yang berhubungan dengan TV tersebut sehingga mampu
menampilkan sebuah gambar.
Atau = ketika melakukan klik pada subuah object dalam suatu aplikasi program kita tidak tahu apa yang dilakukan program sehingga ditampilkan hasil yang sesuai.
Catatan = dari dua contoh kasus tersebut terdapat kesamaan proses mengenai information hiding yang tidak diketahui oleh user sampai hasil ditampilkan.
Atau = ketika melakukan klik pada subuah object dalam suatu aplikasi program kita tidak tahu apa yang dilakukan program sehingga ditampilkan hasil yang sesuai.
Catatan = dari dua contoh kasus tersebut terdapat kesamaan proses mengenai information hiding yang tidak diketahui oleh user sampai hasil ditampilkan.
b. Inheritance
atau penurunan
Inherintance adalah sebuah object yang dapat diturunkan menjadi object yang baru dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.
Contoh = TV merupakan salah satu media elektronik yang digunakan untuk menampilkan gambar dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen. Secara umum TV memunyai cara kerja yang sama dengan media elektronik yang lain dlam proses penyampaian informasi, tetapi mempunyai sifat yang unik yang dapat membedakan dengan media electronik yang ada.
Atau = Dalam aplikasi program kita sering menggunakan command button, untuk beberapa perintah yang berbeda.
Inherintance adalah sebuah object yang dapat diturunkan menjadi object yang baru dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.
Contoh = TV merupakan salah satu media elektronik yang digunakan untuk menampilkan gambar dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen. Secara umum TV memunyai cara kerja yang sama dengan media elektronik yang lain dlam proses penyampaian informasi, tetapi mempunyai sifat yang unik yang dapat membedakan dengan media electronik yang ada.
Atau = Dalam aplikasi program kita sering menggunakan command button, untuk beberapa perintah yang berbeda.
c. Polymorphism
atau Polimorfisme
Polymorphism merupakan penggunaan berbagai macam object yang berbeda tetapi secara fungsi bergantung pada satu object sebagai induk, dengan cara pelaksanaan yang berbeda - beda.
Contoh = TV dan radio adalah media electronik yang mempunyai sistem yang sama tentang bagaimana meyebarkan suatu informasi, tetapi cara kerja dari masing - masing sistem pasti berbeda.
Polymorphism merupakan penggunaan berbagai macam object yang berbeda tetapi secara fungsi bergantung pada satu object sebagai induk, dengan cara pelaksanaan yang berbeda - beda.
Contoh = TV dan radio adalah media electronik yang mempunyai sistem yang sama tentang bagaimana meyebarkan suatu informasi, tetapi cara kerja dari masing - masing sistem pasti berbeda.
Atau
Object Simpan dan Update adalah icon yang berasal dari induk yang sama yaitu , command button tetapi cara kerja tersebut berbeda - beda.
Object Simpan dan Update adalah icon yang berasal dari induk yang sama yaitu , command button tetapi cara kerja tersebut berbeda - beda.
1.3. Delphi dan OOP (Object Oriented
Programming)
Secara default ketika kita merancang suatu aplikasi
program, mau tidak mua dan tanpa kita sadari bahwa kita telah menerapkan OOP, walupun secara teori kita
kurang memahami OOP dalam arti yang sebenarnya.
Contoh sederhananya adalah ketika kita merancang suatu
form (Tforml) baru, sadar atau tidak sebenarnya form yang kita aktifkan
merupakan turunan dari Tform sebagai induknya atau ketika kita mengaktikan
button pada form merupakan turunan dari tbutton.
Atau
Contoh dalam bahasa program adalah sebagai berikut =
ketika merancang suatu label di form secara otomatis delphi akan menuliskan label
tersebut dalam jendela code editor tentang turunan dari label tersebut.
Type
Tform = class(tform)
Label = tlabel
End;
1.4. IDE DELPHI
a.
langkah
- langkah mengaktifkan Delphi
a) Klik
start
b) pilih
program Files
c) pilih
Borland Delphi
d) pilih
dan klik Delphi 7
b.
Jendela
Utama Delphi
1.1 Jendela Utama Delphi |
c.
Bagian
- bagian dari Jendela Delphi
1)
Object
Tree View
1.2 Jendela Object TreeView |
Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut
meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk menampilkan seluruh
daftar komponen program dalm sebuah aplikasi program sesuai dengan
penempatnnya.
2) Object
Inspector
Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan.
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu =
Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan.
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu =
a)
Properties
1.3 Jendela Inspector (Properties) |
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi
penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain -lain.
b)
Events
1.4 Jendela Events pada Object Inspector |
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event clik untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan. Perintah event clik tersebut dapat diberikan melalui jendela events.
3)
Form
Designer
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi yang diambil dari komponen pallete.
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi yang diambil dari komponen pallete.
1.5 Jendela Events pada Object Inspector |
4)
Component
Pallete
Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi untuk membentuk sebuah aplikasi user interface. Dalam komponen pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.
Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi untuk membentuk sebuah aplikasi user interface. Dalam komponen pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.
1.6 Jendela Komponen Pallete |
5)
Code
Editor
Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada bagian code editor terdapat 3 bagian utama yaitu = bagian paling kiri yang berisi berupa angka menunjukan baris dan kolom. Keterangan modified menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhapap baris program. Dan paling kanan menunjukan status keyboard tentang tombol insert atau over write.
Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada bagian code editor terdapat 3 bagian utama yaitu = bagian paling kiri yang berisi berupa angka menunjukan baris dan kolom. Keterangan modified menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhapap baris program. Dan paling kanan menunjukan status keyboard tentang tombol insert atau over write.
1.7 Jendela Code Editor |
6)
Code
Explorer
Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variabel, type, dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.
Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variabel, type, dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.
1.8 Jendela Code Explorer |
7)
Code
Diagram
Merupakan fasilitas pada delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah diagram atas komponen - komponen yang digunakan dalam seatu rancangan aplikasi.
Merupakan fasilitas pada delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah diagram atas komponen - komponen yang digunakan dalam seatu rancangan aplikasi.
1.9 Jendela Code Diagram |
d. Proyek Delphi
1)
File
Proyek
File ini disimpan dengan ber-ekstenion .dpr. File ini berisi informasi mengenai seluruh proyek program.
File ini disimpan dengan ber-ekstenion .dpr. File ini berisi informasi mengenai seluruh proyek program.
2)
File
Unit
File ini merupakan kumpulan dari barisan kode program yang terdapat di jendela code editor, baik itu yang dituliskan oleh progremmer maupun oleh system. Extention file ini adalah . pas File Unit dibagi menjadi 2 :
File ini merupakan kumpulan dari barisan kode program yang terdapat di jendela code editor, baik itu yang dituliskan oleh progremmer maupun oleh system. Extention file ini adalah . pas File Unit dibagi menjadi 2 :
a)
Bagian
Interface
Barisan ini dimulai dari kata Interface (setelah nama unit), berisi seluruh deklarasi variabel, tipe data object maupun deklarasi tambahan.
Barisan ini dimulai dari kata Interface (setelah nama unit), berisi seluruh deklarasi variabel, tipe data object maupun deklarasi tambahan.
b)
Bagian
Implementation
Dimulai dari kata kunci implementation dan diakhiri dengan kata end. Fungsi digunakan untuk menuliskan kode program sebagai bagain dari interaksi antar komponen ataupun dengan user.
Dimulai dari kata kunci implementation dan diakhiri dengan kata end. Fungsi digunakan untuk menuliskan kode program sebagai bagain dari interaksi antar komponen ataupun dengan user.
3)
File
Form
Berisi tentang seluruh informasi yang ada kaitannya dengan form yang dibuat, meliputi tinggi, lebar, pososi form atau tentang komponen didalmnya. Penggunaan file ini tidak dianjurkan karena untu pengaturan sudah disediakan object inspector sebagai media pengaturan semua komponen.
Berisi tentang seluruh informasi yang ada kaitannya dengan form yang dibuat, meliputi tinggi, lebar, pososi form atau tentang komponen didalmnya. Penggunaan file ini tidak dianjurkan karena untu pengaturan sudah disediakan object inspector sebagai media pengaturan semua komponen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar