Laman

Senin, 15 Oktober 2012

Efek Gitar


Studio efek dan unit awal berdiri sendiri
Efek suara awalnya sering dipakai pada studio rekaman. Pada pertengahan hingga akhir 1940-an, insinyur rekaman dan musisi eksperimental seperti Les Paul mulai memanipulasi reel-to-reel tape rekaman untuk menciptakan efek echo dan tidak biasa, suara futuristik. Mikrofon penempatan ("miking") teknik yang digunakan dalam ruang dengan sifat akustik yang dirancang khusus untuk mensimulasikan ruang gema.

Pada tahun 1948
DeArmond merilis Trem-trol, yang tersedia secara komersial efek unit pertama yang berdiri sendiri. Perangkat ini diproduksi tremolo dengan melewati sinyal listrik instrumen melalui cairan berbasis air elektrolit. Kebanyakan efek berdiri sendiri di tahun1950-an dan awal 60-an seperti Gibson GA-VI vibrato unt dan Fender reverb box, yang mahal dan tidak praktis, membutuhkan perpindahan yg besar  dan tegangan yg tinggi . Yang berdiri sendiri asli unit yang tidak terlalu di-permintaan sebagai efek yang datang dibangun ke amplifier. Yang populer pertama berdiri sendiri adalah Watkins 1958 Copicat, efek rekaman gema yang relatif portabel  dipopulerkan oleh band Inggris, The Shadows .

Amplifier

Amplifier built-in adalah efek pertama yang akan digunakan secara teratur di luar studio oleh pemain gitar. Dari seterusnya akhir 1940-an, para Gibson Guitar Corp mulai memasukan vibrato sirkuit di amplifier combo . Tahun 1950 Ray Butts EchoSonic adalah orang pertama yang memiliki fitur "slapback" suara gema, yang dengan cepat menjadi populer dengan gitaris seperti Chet Atkins , Carl Perkins , Scotty Moore , Luther Perkins , dan Roy Orbison . Pada 1950-an, tremolo , vibrato dan reverb yang tersedia sebagai built-in efek pada banyak amplifier gitar . Kedua Premier dan Gibson membangun tabung amps bertenaga dengan spring reverb. Fender mulai manufaktur tremolo ampli Tremolux pada tahun 1955 dan pada tahun 1956 Vibrolux.
Distorsi tidak berpengaruh awalnya ditujukan oleh produsen amplifier, tetapi sering bisa dengan mudah dicapai dengan "overdriving" pasokan listrik di amplifier tabung awal. Pada tahun 1950, gitaris seperti Willie Johnson dari Howlin 'Wolf , Goree Carter , Joe Hill Louis ,Ike Turner, Guitar Slim , Chuck Berry, Paul Burlison dari Johnny Burnette & The Rock and Roll Trio dan Link Wray sengaja meningkatkan keuntungan diluar tingkat yang dimaksudkan untuk mencapai "warm" suara terdistorsi.  Pat Hare diproduksi sangat terdistorsi power chords untuk beberapa 1.954 rekaman (termasuk James Cotton Cotton Crop Blues "), menciptakan" sebuah grittier, nastier, suara gitar listrik lebih garang, "dilakukan dengan memutar tombol volume pada penguat nya "semua diputar ke kanan sampai suara kencang menjerit. Wray 1958 merekam " Rumble "terinspirasi musisi muda seperti Pete Townshend dari The Who , Jimmy Page dari Led Zeppelin , Dave Davies dari The Kinks , dan Neil Young untuk mengeksplorasi distorsi. Davies terkenal akan dokter penutur amp nya dengan memotong  kerucut penguat gitarnya dengan silet untuk mencapai suara gitar grittier pada lagu 1964 " You Really Got Me ". Pada tahun 1966, perusahaan Inggris Marshall Amplification mulai memproduksi Marshall 1963, amplifier gitar mampu menghasilkan "krisis" terdistorsi bahwa musisi rock yang mulai mengingini.


Efek unit perangkat elektronik yang mengubah bagaimana sebuah alat musik atau sumber suara audio. Banyak efek "warna" suara, sementara yang lain mengubahnya secara dramatis. Efek yang digunakan selama pertunjukan live atau di studio, biasanya dengan gitar listrik, keyboard  dan bass. Paling sering digunakan dengan listrik atau elektronik instrumen, efek juga dapat digunakan dengan akustik instrumen, drum dan vokal.
Contoh unit efek umum termasuk wah-wah pedal, fuzzboxes dan reverb unit.


Jenis-Jenis Unit Efek
Efek yang bertempat di amplifier , table top unit, " stompboxes "dan" rackmounts ", atau mereka yang dibangun ke dalam instrumen itu sendiri. Sebuah stompbox (atau "pedal") merupakan logam kecil atau kotak plastik yang ditempatkan di lantai di depan musisi dan terhubung ke alat nya. Kotak ini biasanya dikontrol oleh satu atau lebih kaki-pedal on-off switch dan hanya berisi satu atau dua efek. Rackmount Sebuah terpasang pada standar rak 19-inch peralatan dan biasanya mengandung beberapa jenis efek.

Format (form factor)

Efek unit yang tersedia dalam berbagai format atau "faktor bentuk". Sebuah pilihan musisi faktor bentuk umumnya ditentukan oleh instrumen dia bermain, situasi musik (rekaman atau live performance) dan apa yang dia mampu. Pedal stompbox gaya biasanya tipe terkecil, paling mahal dan paling kasar dari efek. Perangkat Rackmount relatif mahal dan menawarkan jangkauan yang lebih luas dari fungsi. Sebuah Unit efek dapat terdiri dari analog atau sirkuit digital. Selama live performance, efeknya dicolokkan ke jalur listrik "sinyal" dari instrumen. Di studio, instrumen atau suara-sumber yang output tambahannya ditambah ke efek. Formulir faktor merupakan bagian dari sebuah studio atau peralatan musisi diluar papan pedal.

Stompboxes
Stompboxes, atau pedal efek, efek unit yang dirancang untuk duduk di lantai atau pedalboard dan akan dihidupkan dan dimatikan dengan kaki pengguna. Mereka biasanya adalah efek rumah tunggal. Sebuah stompbox sederhana pedal biasanya  memiliki footswitch tunggal, 1-3 potensiometer untuk mengendalikan efek, gain atau tone , dan satu LED display untuk menunjukkan apakah efek aktif atau tidak. Yang paling kompleks stompbox pedal memiliki beberapa footswitches, delapan sampai sepuluh tombol, switch tambahan, dan tampilan layar alfanumerik yang menunjukkan status efek dengan singkatan pendek (misalnya DIST untuk "distorsi").
Sebuah "efek berantai" atau "rantai sinyal" dapat dibentuk dengan menghubungkan dua atau lebih stompboxes. Rantai efek biasanya dibuat antara preamplifier ("preamp") dan amplifier gitar . Ketika pedal tidak aktif atau tidak aktif, listrik sinyal audio yang datang ke pedal dialihkan ke " pintas ", sehingga sinyal yang" dry " terus ke rantai efek lain. Dengan cara ini, efek dalam rantai dapat dikombinasikan dalam berbagai cara tanpa harus menyambung kembali kotak selama pertunjukan. Sebuah "controller" atau "sistem manajemen efek" memungkinkan untuk membuat rantai efek ganda, sehingga satu atau beberapa rantai dapat bergerak atau terlepas dengan menekan satu tombol. Switch biasanya diselenggarakan dalam satu baris atau grid sederhana.
Untuk menjaga kejelasan nada, itu adalah yang paling umum untuk menempatkan kompresi , wah dan overdrive pedal pada awal rantai, modulasi ( chorus , flanger , phase shifter ) di tengah-tengah,  dan tme-based ( delay / echo, reverb ) di akhir. Bila menggunakan banyak efek, suara yang tidak diinginkan dan dengung dapat diperkenalkan ke suara. Beberapa pemain menggunakan pedal noise gate pada akhir rantai untuk mengurangi suara yang tidak diinginkan dan dengung diperkenalkan oleh unit overdrive atau peralatan vintage.


Stompboxes
Elektronik transistor akhirnya berhasil memungkinkan untuk menjejalkan kreativitas aural dari studio rekaman menjadi kecil, unit stompbox sangat portabel. Transistor menggantikan tabung vakum , yang memungkinkan untuk format kompak lebih banyak dan stabilitas yang lebih besar. Efek gitar pertama transistorized adalah Maestro 1962 Fuzz Tone pedal, yang menjadi sensasi setelah digunakan dalam Rolling Stones 1965 hit " (I Can’t Get No) Satisfaction ".
Warwick Electronics diproduksi pertama pedal wah-wah , The Clyde McCoy, pada tahun 1967 dan pada tahun yang sama Roger Mayer mengeluarkan efek oktaf pertama, The Octavia . Pada tahun 1968, Univox mulai memasarkan Uni-Vibe pedal nya, sebuah Efek yang dirancang oleh insinyur Fumio Mieda yang menirukan phase shift dan chorus efek dari speaker berputar Leslie yg digunakan dalam organ Hammond . Pedal efek segera menjadi favorit gitaris Jimi Hendrix dan Robin Trower . Setelah pertama mendengar Octavia, Hendrix diduga bergegas kembali ke studio dan segera menggunakannya untuk merekam solo gitar pada " Purple Haze "dan" Fire "Pada pertengahan 1970-an berbagai solid-state pedal efek termasuk flangers , chorus pedal , ring modulator dan phase shifter yang tersedia.
Pada 1980-an, digital rackmount unit mulai menggantikan stompboxes sebagai format efek pilihan. Seringkali musisi akan merekam "dry", trek berubah di studio dan efek akan ditambahkan dalam pasca-produksi. Keberhasilan Nirvana 1991 album Nevermind membantu menyalakan kembali minat stompboxes. Sepanjang tahun 1990-an, musisi berkomitmen untuk sebuah " lo-fi "aesthic seperti Mascis J dari Dinosaur Jr , Stephen Malkmus dari Pavement dan Robert Pollard dari Guided by Voices terus menggunakan non-digital ( analog ) pedal efek.
Efek dan efek unit-stompboxes khususnya-telah dirayakan oleh pop dan musisi rock di judul album, lagu-lagu dan nama band.
-The Big Muff, klasik fuzzbox diproduksi oleh Electro-Harmonix, diperingati oleh Depeche Mode lagu " Big Muff "dan Mudhoney EP Superfuzz Bigmuff. Nine Inch Nails , Pink Floyd , George Harrison , They Might Be Giants dan Joy Division adalah salah satu musisi banyak yang telah direferensikan unit efek dalam musik mereka.
*Pada tahun 1964 Dave Davies, gitaris The Kinks , terkenal mencapai suara terdistorsi pada " You Really Got Me "dengan pemotongan kerucut penguat gitarnya dengan silet.

Rackmunts
Rackmounts
Efek Rackmounted dibangun ke dalam kasus yang dirancang untuk mengintegrasikan ke dalam rak 19-inci standar untuk telekomunikasi dan komputasi industri. Sebuah unit rackmount mungkin berisi sirkuit elektronik yang identik dengan stompbox, meskipun sirkuit yang biasanya lebih kompleks. Tidak seperti stompboxes, rackmounts biasanya memiliki beberapa jenis efek.
Rackmounts yang paling sering digunakan di studio rekaman dan "depan rumah" hidup pencampuran suara situasi, meskipun banyak musisi menggunakannya di tempat stompboxes. Rackmounts dikendalikan oleh tombol atau switch pada panel depan mereka, dan sering dengan MIDI kontrol antarmuka digital. Selama pertunjukan live, seorang musisi dapat beroperasi dengan efek Rackmounted menggunakan "kontroler kaki".
"Shock mount" rak dirancang untuk musisi yang melakukan pengiriman peralatan tur besar. Perangkat yang kurang dari 19 inci lebar dapat menggunakan special "telinga" adapter yang memungkinkan mereka untuk dipasang di rak.

Built-in unit
Efek sering dimasukkan ke dalam amplifier dan bahkan beberapa jenis instrumen. Amplifier gitar listrik biasanya memiliki built-in reverb dan distorsi , sedangkan gitar akustik dan amplifier keyboard yang cenderung hanya memiliki built-in reverb. Sejak tahun 2000-an, amplifier gitar mulai memiliki built-in multi-efek unit atau efek pemodelan digital. Amplifier bass cenderung memiliki built-in efek, meskipun beberapa mungkin memiliki kompresor / limiter atau distorsi. Instrumen dengan built-in efek meliputi organ Hammond , organ elektronik , piano elektronik dan synthesizer digital. Kadang-kadang, gitar akustik-listrik dan listrik akan memiliki built-in efek.

POD X3 Live
multi-efek dan tabletop units/floor units
perangkat multi-efek (juga disebut "multi-FX" device) adalah elektronik tunggal efek pedal atau perangkat rackmount yang berisi banyak efek elektronik yang berbeda. Multi-FX perangkat memungkinkan pengguna untuk "preset" kombinasi dari efek yang berbeda, yang memungkinkan musisi cepat di atas panggung akses ke kombinasi efek yang berbeda.
Sebuah unit meja adalah jenis multi-efek perangkat yang duduk di meja dan dikendalikan secara manual. Salah satu contohnya adalah Pod gitar amplifier modeler. Efek digital yang dirancang untuk DJ sering dijual dalam model meja, sehingga unit dapat ditempatkan berdampingan dengan turntable mixer, dan peralatan CD scratching.



Jenis jenis efek
Sementara saat ini belum ada konsensus tentang bagaimana untuk mengkategorikan efek, berikut ini adalah tujuh klasifikasi umum: distorsi , dinamika , filter , modulasi , pitch / frekuensi , time based dan feedback/sustain . Gitaris rock berasal tanda tangan mereka suara atau " nada "dari pilihan mereka instrumen dan efek.

 
Distorsi
"clipping"
Efek distorsi membuat "warm", "gritty" dan "fuzzy" suara dengan " kliping "instrumen ini sinyal audio , yang mendistorsi bentuk yang bentuk gelombang dan menambah nuansa . Efek distorsi yang kadang-kadang disebut " gain "efek, seperti suara gitar terdistorsi pertama kali dicapai dengan meningkatkan pasokan daya listrik (misalnya keuntungan) ke amplifier tabung.

Distorsi dan overdrive: Distorsi dan overdrive unit re-bentuk atau "klip" sebuah sinyal audio  bentuk gelombang sehingga telah meratakan puncak, menciptakan "hangat" dengan menambahkan suara harmonik atau "pasir" suara dengan menambahkan akur nada. Dalam amplifier tabung , distorsi yang dibuat oleh mengompresi out-going instrumen sinyal listrik dalam tabung vakum atau "katup". Distorsi efek berbeda dari efek overdrive dalam bahwa mereka menghasilkan kira-kira jumlah yang sama distorsi pada volume apapun. Unit Overdrive, seperti ampli tabung, menghasilkan "bersih" suara pada volume lebih tenang dan suara terdistorsi pada volume keras.
Distorsi dan overdrive efek: Boss DS-1 Distortion, Ibanez Tube Screamer, Marshall ShredMaster, MXR Distortion + , Pro Co RAT .

Fuzz : Sebuah fuzz pedal atau " fuzzbox "adalah jenis overdrive pedal yang klip suara-gelombang sampai hampir squarewave , sehingga sangat terdistorsi atau "fuzzy" suara. Fuzzboxes juga mengandung frekuensi multiplier sirkuit untuk mencapai bahkan lebih keras timbre dengan menambahkan kompleks harmonik. The Rolling Stones '" (I Can’s Get No) Satisfaction "sangat mempopulerkan penggunaan efek fuzz.
Fuzz Efek: Arbiter Fuzz Face, Electro-Harmonix Big Muff, Shin-ei Companion TA-2, Univox Super-Fuzz, Vox Tone Bender, Z.Vex Fuzz Factory.


Dinamika
Juga disebut volume dan amplitudo efek, dinamika efek memodifikasi volume instrumen. Dinamika efek adalah efek pertama yang akan diperkenalkan kepada gitaris.

Boost / pedal volume: Sebuah dorongan atau "clean boost" menguatkan volume instrumen dengan meningkatkan amplitudo dari yang sinyal audio . Unit-unit ini biasanya digunakan untuk "meningkatkan" volume selama solo dan mencegah kehilangan sinyal di sepanjang " rantai efek ". Sebuah gitaris beralih dari gitar untuk memimpin gitar dapat menggunakan dorongan untuk meningkatkan volume nya atau solo.
Efek Volume: Electro-Harmonix LPB-1, Fender Volume Pedal, MXR Micro Amp.

Kompresor : Kompresor membuat suara keras tenang dan suara yang tenang keras dengan mengurangi atau "compressing" para jangkauan dinamis dari sinyal audio . Sebuah kompresor sering digunakan untuk menstabilkan volume dan menghaluskan "serangan" catatan oleh meredam onset dan memperkuat nya mempertahankan. Kompresor A juga dapat berfungsi sebagai limiter dengan pengaturan ekstrim dari kontrol tersebut.
Kompresor Efek: Keeley Compressor, MXR Dyna Comp .

Noise gate : Noise Gate menghilangkan "hum", "desis" dan "static" dengan sangat mengurangi volume suara yang berada di bawah ambang batas yang ditetapkan. Gerbang kebisingan adalah expanders, yang berarti tidak seperti kompresor mereka meningkatkan jangkauan dinamis dari sinyal audio untuk membuat suara tenang bahkan lebih tenang.  Jika digunakan dengan pengaturan yang ekstrim bersama dengan reverb, mereka dapat membuat suara yang tidak biasa, seperti efek drum yang terjaga keamanannya digunakan dalam tahun 1980-an lagu pop, gaya dipopulerkan oleh Phil Collins lagu " In the Air Tonight ".
Noise Gate effects: Boss NS-2 Noise Suppressor,  ISP Decimator Noise Reduction, etc.

 
Filter
 Efek filter mengubah frekuensi isi suatu sinyal audio yang melewati mereka dengan baik meningkatkan atau melemahkan frekuensi tertentu atau wilayah frekuensi.

Equalizer : equalizer adalah sebuah set filter linier yang memperkuat ("meningkatkan") atau melemahkan ("cut") yang spesifik frekuensi daerah. Stereo sering memiliki equalizer yang menyesuaikan bass dan treble. Insinyur audio menggunakan equalizers sangat canggih untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan, membuat instrumen atau suara lebih menonjol, dan meningkatkan aspek-aspek tertentu dari nada instrumen ini.
Equalizer Efek: Boss GE-7 Equalizer.

Peter Frampton Talk-Box
Talk box : Sebuah kotak bicara(Talk-Box) mengarahkan suara dari gitar atau synthesizer ke dalam mulut pemain, yang memungkinkan dia untuk membentuk suara menjadi vokal dan konsonan . Suara dimodifikasi ini kemudian dijemput oleh mikrofon. Dengan cara ini gitar mampu "berbicara". Beberapa kegunaan terkenal dari talkbox termasuk Bon Jovi " Livin 'on a Prayer ", Stevie Wonder " Black Man "dan Peter Frampton  " Show Me The Way ".
Bicara kotak: Dunlop HT1 Heil Talk Box , Rocktron Banshee .

Wah-wah : Sebuah wah-wah pedal menciptakan vokal -seperti suara dengan mengubah spektrum frekuensi yang dihasilkan oleh instrumen-yaitu, bagaimana keras itu adalah pada masing-masing terpisah frekuensi -dalam apa yang dikenal sebagai spectral swipe atau "sweep"  Perangkat ini dioperasikan oleh pedal kaki yang membuka dan menutup potensiometer. Wah-wah pedal sering digunakan oleh gitaris funk dan psychedelic rock.
Wah Efek: Dunlop Cry Baby, Morley Daya Wah, Musitronics Mu-Tron III .

Modulasi
Efek modulasi menggabungkan beberapa sinyal audio dalam rangka menciptakan suara dengan sifat tonal yang tidak biasa. Beberapa modulasi efek campuran (" memodulasi ") merupakan instrumen sinyal audio dengan sinyal yang dihasilkan oleh efek disebut gelombang pembawa/carrier wave .  Efek modulasi lain membagi sinyal audio instrumen dalam dua, mengubah salah satu bagian dari sinyal dan mencampurnya dengan berubah porsi.

Chorus : Paduan suara pedal meniru efek paduan suara dan orkestra string yang menghasilkan suara secara alami oleh pencampuran dengan sedikit perbedaan dalam timbre dan lapangan . Sebuah efek chorus membagi instrument-to-penguat sinyal audio, dan menambahkan sedikit keterlambatan dan frekuensi variasi atau " vibrato "ke bagian sinyal sementara meninggalkan sisanya tidak berubah.
Sebuah penggunaan terkenal paduan suara yang lead guitar di " Come As You Are "oleh Nirvana .
Chorus Efek: Boss CE-1 Chorus Ensemble, Electro-Harmonix Small Clone, TC Electronic Stereo Chorus.

Flanger : Sebuah flanger menciptakan "jet plane" atau "spaceship" suara, simulasi efek studio yang dihasilkan dengan merekam trek pada dua disinkronkan kaset dan berkala memperlambat satu tape dengan menekan tepi gulungan perusahaan ("flange"). Ketika dua kaset ' sinyal audio yang kemudian campuran, comb filter efek dapat didengar. Unit flanger menambahkan versi variabel keterlambatan sinyal audio dengan aslinya atau sinyal, menciptakan filter sisir atau efek Doppler. Beberapa menggunakan terkenal efek flanger termasuk " Walking on the Moon "oleh The Police, intro untuk "Ain’t Talkin’ ‘Bout Love '' "oleh Van Halen , dan " Barracuda "oleh Heart .
Flanger Efek: Electro-Harmonix Electric Mistress , MXR Flanger .

Phaser : Sebuah phaser atau "shifter fase" menciptakan efek beriak-sedikit memperkuat beberapa aspek nada sementara berkurang lain-dengan memisahkan suatu sinyal audio dalam dua dan mengubah fase dari satu bagian. Tiga contoh terkenal dari phaser adalah two handed tapping bagian pada  Van Halen instrumen Eruption dan Keyboard bagian pada Billy Joel  " Just the Way You Are "dan Paul Simon " slip Slidin 'Away ".
Pergeseran fasa efek: Electro-Harmonix Small Stone, MXR Phase 90 , Univox Uni-Vibe .

Ring modulator : Sebuah ring modulator menghasilkan suara, resonansi logam dengan mencampur suatu instrumen sinyal audio dengan gelombang pembawa yang dihasilkan oleh internal perangkat osilator . Gelombang suara asli ditekan dan digantikan oleh sebuah "cincin/ring" dari ketidak serasian tinggi dan lebih rendah pitches atau " sidebands ". Sebuah penggunaan penting dari ring modulasi adalah gitar di Black Sabbath lagu " Paranoid ".
Ring modulator Efek: moogerfooger MF-102 Ring Modulator .

Tremolo : Sebuah efek tremolo menghasilkan variasi, sedikit cepat dalam volume catatan atau akord. The "tremolo efek" tidak harus bingung dengan "tremolo bar", sebuah perangkat pada bridge gitar yang menciptakan vibrato atau "pitch-bending" efek. Dalam transistorized efek, tremolo yang diproduksi dengan mencampur suatu instrumen sinyal audio dengan sub-terdengar gelombang pembawa sedemikian rupa sehingga menghasilkan amplitudo variasi dalam gelombang suara.The intro gitar di Rolling Stones "' Gimme Shelter " fitur efek tremolo.
Tremolo Efek: Demeter TRM-1 Tremulator , Fender Tremolux .

Vibrato : efek Vibrato menghasilkan sedikit, variasi cepat di pitch , meniru pecahan semitone variasi diproduksi secara alami oleh penyanyi opera dan pemain biola saat memperpanjang satu catatan. Efek vibrato sering membiarkan pelaku untuk mengendalikan tingkat variasi serta perbedaan dalam pitch (misalnya "depth"). Sebuah vibrato dengan pengaturan yang ekstrim "mendalam" (misalnya, setengah semitone atau lebih) akan menghasilkan, dramatis ululating suara. Dalam transistorized efek, vibrato diproduksi dengan mencampur suatu instrumen sinyal audio dengan gelombang pembawa sedemikian rupa sehingga menghasilkan frekuensi variasi dalam gelombang suara. Gitaris sering menggunakan istilah " vibrato "dan" tremolo "menyesatkan. Seorang yang disebut "vibrato unit" dalam amplifier gitar benar-benar menghasilkan tremolo, sementara " tremolo arm "atau" whammy bar "pada gitar menghasilkan vibrato. efek Vibrato: Boss VB-2 Vibrato .

 
Pitch / frekuensi
Pitch / frekuensi efek memodifikasi pitch dengan mengubah frekuensi dari gelombang suara atau menambahkan yang baru harmoni .

Pitch shifter dan Harmonizer: Sebuah pitch shifter meningkatkan atau menurunkan (misalnya " transposes") setiap note seorang pemain memainkan dengan pre-set Interval . Misalnya, shifter pitch diatur untuk meningkatkan lapangan oleh keempat akan meningkatkan note masing-masing empat diatonis interval atas catatan benar-benar bermain. Shifter pitch yang sederhana menaikkan atau menurunkan lapangan oleh satu atau dua oktaf , sedangkan perangkat yang lebih canggih menawarkan berbagai perubahan interval.
Harmonizer adalah jenis shifter pitch yang menggabungkan pitch diubah dengan pitch asli untuk membuat catatan dua atau lebih harmonis . Beberapa hamonizers mampu menciptakan chorus seperti dengan menambahkan efek pergeseran yang sangat kecil di lapangan.
Pitch Shifter Efek: DigiTech Whammy , Electro-Harmonix POG .

 
Time-Based
Waktu berbasis efek menunda sinyal suara atau menambahkan echos.

Delay / echo: Penundaan / echo unit menghasilkan efek gema dengan menambahkan instrumen-untuk-penguat duplikat sinyal listrik ke sinyal asli pada sedikit waktu-delay. Efeknya dapat menjadi gema tunggal disebut "tamparan" atau "slapback," atau echos beberapa. Sebuah penggunaan terkenal keterlambatan adalah lead guitar di U2 lagu " Where the Streets Have No Name ".
Penundaan efek: Boss DD-3 Digital Delay , Electro-Harmonix Deluxe Memory Man , Line 6 DL4 , Roland RE-201.

Looper pedal: looper pedal A atau "looper frase" memungkinkan seorang pemain untuk merekam dan kemudian memutar ulang frase atau bagian dari sebuah lagu. Loops dapat dibuat di tempat selama pertunjukan atau mereka dapat pra-direkam. Beberapa unit memungkinkan pemain untuk loop beberapa lapisan. Efek loop pertama diciptakan dengan reel-to-reel tape menggunakan loop tape . High-end efek rekaman butik lingkaran masih digunakan oleh beberapa studio yang menginginkan suara vintage. Efek loop digital menciptakan efek ini menggunakan memori elektronik.
Looper efek: Boss RC-30 Stasiun loop .

Reverb : Reverb unit mensimulasikan suara yang dihasilkan dalam ruang gema dengan menciptakan sejumlah besar gema yang secara bertahap memudar atau "decay". Sebuah sistem reverb plate menggunakan elektromekanis transduser untuk menciptakan getaran dalam piring logam . Spring reverb sistem, yang sering digunakan dalam amplifier gitar, gunakan transducer untuk membuat getaran di musim semi. Digital reverb efek menggunakan berbagai pemrosesan sinyal algoritma untuk menciptakan efek reverb, sering dengan menggunakan umpan balik beberapa sirkuit delay . Rockabilly dan gitar surfing adalah dua genre yang membuat penggunaan berat reverb.
Reverb Efek: Electro-Harmonix Holy Grail , Fender Reverb Unit

Audio feedback : umpan balik Audio adalah efek yang dihasilkan ketika suara penguatannya dijemput oleh mikrofon dan diputar kembali melalui amplifier, memulai "umpan balik". Umpan balik yang dipelopori oleh gitaris seperti Jimi Hendrix yang dihasilkan dengan memainkan instrumen secara langsung di depan amplifier diatur ke volume tinggi. Teknik ini relatif primitif cenderung menciptakan bernada tinggi nada dan bisa sulit untuk mempertahankan. Hal ini juga dapat menjadi sulit untuk menentukan volume suara dan posisi gitar relatif terhadap loudspeaker yang diperlukan untuk mencapai kondisi umpan balik.

The EBow adalah kecil, handled pickup / string driver yang menopang suara. Perangkat terdiri dari dua kumparan: satu yang mengambil dan menguatkan getaran senar gitar banyak cara sebuah pick up gitar dan satu yang bertindak sebagai sopir tali magnetik, bergetar string. EBow ini menggerakkan satu string pada suatu waktu. Kemudian model EBow mengandung switch mode yang memungkinkan pemain untuk baik memproduksi hanya mempertahankan atau nada umpan balik di samping untuk mempertahankan.
Perangkat senar magnetik lain menggunakan sinyal penarik gitar sebagai masukan, menciptakan umpan balik / mempertahankan dengan cara sopir string yang dipasang di gitar.
Banyak pedal kompresor sering juga dipasarkan sebagai "sustainer pedals". Sebagai catatan ditopang, kehilangan energi dan volume karena getaran berkurang dalam string. Pedal kompresor meningkatkan sinyal listrik kepada ditentukan jangkauan dinamis , sedikit memperpanjang durasi note. Hal ini, dikombinasikan dengan distorsi yang berat, dapat menyebabkan terbatas pada mempertahankan volume yang lebih rendah.

 
Efek lainnya

Envelope followers: Sebuah envelope pengikut mengaktifkan volume efek sekali  ditunjuk tercapai. Salah satu efek yang menggunakan Envelope followers adalah " auto-wah ", yang menghasilkan" wah "efek tergantung pada seberapa keras atau lembut catatan sedang dimainkan.

Gitar amplifier modeling: Amplifier modeling adalah digital efek yang meniru suara amplifier berbagai, paling sering analog " tabung "amps. Efek pemodelan canggih dapat mensimulasikan speaker kabinet dan miking teknik. Sebuah simulator rotary speaker meniru doppler suara vintage speaker Leslie sistem dengan mereplikasi volume dan modulasi pitch, overdrive kapasitas dan pergeseran fase .

Pitch correction / vokal: Efek pitch koreksi menggunakan sinyal-pengolahan algoritma untuk kembali tune intonasi rusak dalam kinerja vokalis ini.

Simulator: Simulators memungkinkan gitar listrik untuk meniru bunyi instrumen lainnya seperti gitar akustik , bass listrik , dan sitar . Pick up simulator yang digunakan pada gitar dengan single-coil pick up meniru suara gitar dengan humbucker pick up, atau sebaliknya. Sebuah de- Fretter adalah gitar bass efek yang mensimulasikan suara bass fretless . Efeknya menggunakan envelope-controlled filter dan voltage-controlled amplifier dikendalikan untuk "melunakkan" serangan catatan yang baik dalam volume dan timbre.


T-Rex Mudhoney Overdrive Pedal
Boutique Pedal
Pedal Boutique dirancang oleh yang lebih kecil, perusahaan independen dan biasanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Beberapa bahkan dapat buatan tangan. Ini pedal terutama didistribusikan secara online atau melalui mail-order, atau dijual di toko-toko musik beberapa. Mereka sering lebih mahal daripada pedal diproduksi secara massal dan menawarkan non-standar fitur seperti true-bypass switching, komponen berkualitas lebih tinggi, desain yang inovatif, dan karya seni yang dilukis dengan tangan. Beberapa perusahaan butik fokus pada menciptakan kembali efek klasik atau vintage.
beberapa Produsen butik pedal meliputi: Man Analog , BJFE , Pete Cornish , Emlyn Crowther , Death By Audio , Devi pernah , Robert Keeley , Roger Linn , Roger Mayer , Strymon , T-Rex Teknik , ToadWorks dan Efek Z.Vex .


Efek unit modifikasi (clone efek)
Ada juga pasar tertentu untuk memodifikasi atau "Modding" efek. Biasanya, vendor menyediakan baik layanan modifikasi kustom atau menjual efek pedal baru yang telah dimodifikasi. The Ibanez Tube Screamer , Boss DS-1 , Co RAT Pro dan Whammy DigiTech adalah beberapa efek yang paling sering-diubah. Modifikasi umum meliputi perubahan nilai dalam kapasitor atau resistor, menambahkan true-bypass sehingga efek ini sirkuit tidak lagi di jalur sinyal, mengganti komponen berkualitas tinggi, menggantikan amplifier asli unit operasional (op-amp), atau menambahkan fungsi ke perangkat seperti memungkinkan kontrol tambahan dari beberapa faktor atau menambahkan output jack tambahan.


Pedal & Rackmount Unit Lainnya
Tidak semua stompboxes dan rackmounts adalah efek. Strobe tuner menunjukkan apakah string gitar terlalu sharp atau flat.
Sebuah footswitch pedal seperti pedal rute sinyal gitar “A / B” untuk penguat atau memungkinkan pemain untuk beralih di antara dua gitar, amplifier Gitar dan keyboard elektronik memungkinkan mengubah hidup atau mati listrik pada built-in efek dengan menggunakan footswitch. Beberapa musisi yang menggunakan efek rackmounted atau laptop mempekerjakan pedalboard MIDI controller untuk memicu sampel suara, beralih di antara efek yang berbeda atau pengaturan kontrol efek.
Tuner: Digunakan sebagai alat bantu untuk menstem nada senar pada gitar.
Beberapa contoh Tuner Effects: Boss TU-2 Chromatic Tuner, Korg Pitchblack

Pedal seperti Moog MF-105 Moogerfooger MURF menyediakan beberapa filter dan tombol-tombol Envelope kontrol untuk mengontrol modulasi. The FreqBox MF-107 menggunakan sinyal input untuk mengatur sebuah osilator VCO internal

Tributes oleh musisi
The garage rock revival band
The Fuzztones (1980) sebuah band garasi rock yang namanya terinspirasi dari nama efek guitar mereka terlihat di sini dalam konser di Barcelona, namanya naik daun setelah efek fuzz memberi pengaruh pada 1980-an  disebut era fuzz pedal (the Fuzztone).
Efek dan unit efek-stompboxes khususnya juga telah diramaikan oleh musisi pop dan rock di judul album, lagu dan nama band.
-The Big Muff, classic fuzzbox yang diproduksi oleh Electro-Harmonix, dikenang dengan lagu "Big Muff"
-The Mudhoney EP album “Superfuzz Bigmuff”.
Lyric laguSuper Furry Animals "Play It Cool" menyebutkan pedal Electro-Harmonix lainnya ”the Electric Mistress flanger
The Nine Inch Nails "Echoplex" berjudul setelah vintage Maestro echo
lagu-lagu yang termasuk referensi efek adalah
 "Interstellar Overdrive" oleh Pink Floyd
"Wah-Wah" oleh George Harrison
"Stomp Box" oleh They Might Be Giants
 "Digital" oleh Joy Division terinspirasi oleh insinyur / unit digital AMS produser Martin Hannett's Delay
“We've Got a Fuzzbox and We're Gonna Use It” rata-rata semua band British wanita pada saat itu menggunakan fuzz pada era ‘80an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar